Cari Blog Ini

Jumat, 02 Juni 2017

RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS)


RENCANA KERJA SEKOLAH
(RKS)


TAHUN PELAJARAN 2013/2014 - 2016/2017
SMP NEGERI 3 BULUKERTO
KABUPATEN WONOGIRI  PROVINSI JAWA TENGAH



LOGO SMP

PEMERINTAH KABUPATEN WONOGIRI
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 3 BULUKERTO
Alamat : Jln Setupang, Desa Conto, Kec. Bulukerto, Kab. Wonogiri







LEMBAR PENGESAHAN

RENCANA KERJA  SEKOLAH (RKS)


TAHUN PELAJARAN 2013/2014-2016/2017
SMP NEGERI 3 BULUKERTO
KABUPATEN WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH






Disusun oleh :
Bulukerto, 1 Juni 2016
Kepala SMP NEGERI 3 Bulukerto                                        Penanggungjawab Program





Drs. Resi Hananto. A.W. M.Pd                                              Agus Suisno, S.Pd
NIP. 19681031 199702 1 002                                                 NIP.19760320 2001121003


Mengatahui/Mengesahkan
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Wonogiri





Drs. SISWANTO,M.Pd
Pembina Utama Muda
NIP. 195906251979031004



A.    PENDAHULUAN
Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 mengamanatkan bahwa salah satu tujuan negara adalah “ Mencerdaskan kehidupan bangsa”. Pernyataan ringkas ini dirumuskan oleh para pendiri negara, karena para pendiri negara menyadari bahwa bangsa yang cerdas akan mampu menghadapi segala tantangan dan hambatan baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.
Pemerintah telah berupaya untuk mewujudkan bangsa yang cerdas dan sumber daya manusia yang berkualitas  melalui jalur  pendidikan formal, nonformal, dan informal  yang dapat saling melengkapi ( UU No 20 tahun 2003, Bab VI, pasal 13 ayat  1 ), disamping itu berbagai komponen dilibatkan dalam mewujudkan  fungsi dan tujuan  pendidikan nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta bertujuan untuk  berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertangggung jawab (UU No 20 tahun 2003, Bab II, pasal 3 ).
Bercermin dari rumusan kalimat ringkas di atas, menunjukkan bahwa pendidikan merupakan salah satu aspek penting bagi pembangunan bangsa, kerena itu hampir  semua bangsa menempatkan pembangunan pendidikan sebagai proiritas utama dalam program  pembangunan nasional. Undang-undang No.20 tahun 2003 juga mengamanatkan bahwa 20% dari APBN dialokasikan untuk pembangunan pendidikan, walaupun sampai saat ini pemerintah belum dapat memenuhi amanat tersebut, namun pemerintah memiliki komitmen untuk meralisasikannya.
Saat ini Pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah menyampaikan tiga kelompok program yaitu :  program yang berkaitan dengan pemerataan dan perluasan akses; peningkatan mutu, relevansi dan daya saing; serta governance, akuntabilitas dan pencitraan publik. Kelompok pertama diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kenaikan APK SMP/MTs, pendidikan dapat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat serta angka putus sekolah rendah, Kelompok kedua diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan SMP, dan Kelompok ketiga dapat mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang bersih, akuntabel dan dipercaya oleh seluruh bangsa Indonesia.
Secara geografis SMP Negeri 3 Bulukerto berada di wilayah Kecamatan  Bulukerto. Kecamatan Bulukerto berada di wilayah Kabupaten Wonogiri timur yang berbatasan dengan Kecamatan Purwantoro di sebelah selatan, Kecamatan Puhpelem  di sebelah timur, Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan  Jawa Timur  di sebelah utara dan kecamatan Slogohimo di sebelah barat, mata pencaharian orang tua peserta didik juga beragam antara lain : pedagang, petani, buruh, dan pegawai. Secara umum prestasi SMP Negeri 3 Bulukerto  dari tahun ke tahun terus meningkat baik prestasi akademik maupun non akademik.


A.     Visi
Cerdas Berprestasi, Terampil Berteknologi, Luhur Berbudi Pekerti, Berdasarkan Iman dan Taqwa
 Indikator Visi :
  1.   Terwujudnya lulusan yang cerdas, kompetitif, berakhlak mulia dan berkarakter
  2.   Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif.
  3.   Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
  4.   Terwujudnya SDM pendidikan yang memiliki kemampuan dan kesanggupan kerja                        
         yang tinggi serta memiliki kesadaran untuk malaksanakan ibadah sesuai dengan
         agama masing- masing.
  5.   Terwujudnya  prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakir.
  6.   Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh.
  7.   Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan yang memadai.
  8.   Terwujudnya penilaian pendidikan yang otentik dan akuntabel
  9.   Terwujudnya budaya, lingkungan dan iklim sekolah yang sejuk.

C.   Misi Sekolah
1.      Mewujudkan  motivasi belajar peserta didik, sehingga dapat belajar secara optimal dalam rangka meletakkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan  mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2.      Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan cerdas, terampil, beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, berkarakter dan memiliki keunggulan kompetitif baik akademik maupun non akademik.
3.      Mewujudkan perangkat kurikulum ( KTSP) yang lengkap mutakhir, dan berwawasan ke depan .
4.      Mewujudkan pembelajaran, bimbingan, dan motivasi, serta pemanfaatan sarana pendidikan yang tersedia sehingga setiap peserta didik berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki, melalui pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM).
5.      Mewujudkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian , profesional dan sosial, sehingga terwujud tenaga pendidik yang professional dan kompetitif.
6.      Mewujudkan prasarana dan sarana sekolah  dan media pembelajaran yang memadai.
7.      Mewujudkan MBS untuk mencapai standar pengelolaan.
8.      Mewujudkan penggalangan dan penyediaan pembiayaan sekolah yang memadai.
9.      Mewujudkan penilaian proses pembelajaran dan laporan hasil belajar yang akurat dan akuntabel.
10.  Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan  budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
11.  Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, rapi, indah, nyaman, dan menawan

B.     TUJUAN SEKOLAH
        Secara  operasional tujuan yang akan dicapai oleh SMP Negeri 3 Bulukerto, Kabupaten Wonogiri pada tahun pelajaran 2016/ 2017  meliputi:
1.      Standar Kompetensi Lulusan :
a.         Mampu memenuhi peningkatan mutu akademik ditunjukkan meningkatnya perolehan rata-rata Ujian Nasional, rata-rata Ujian Sekolah, dan peningkatan rata-rata pencapaian KKM.
b.        Mampu memenuhi peningkatan mutu non akademik ditunjukkan dengan kejuaraan lomba olah raga di tingkat kabupaten.
c.         Mampu memenuhi terbentuknya pengamalan ajaran agama ditunjukkan dengan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.

2.      Standar Isi:
a.         Mampu memenuhi dokumen 1 KTSP.
b.        Mampu memenuhi dokumen 2 KTSP ( Silabus dan RPP) untuk semua mata pelajaran.

3.      Standar Proses:
a.  Mampu memenuhi  proses pembelajaran  dengan metode yang bervariasi.
b.  Mampu memenuhi kegiatan eksrta kurikuler untuk mengembangkan pesertadidik  yang cerdas, trampil,  bermoral , dan berbudaya.
c.  Mampu memenuhi pembelajaran remidial bagi siswa yang belum tuntas belajar.
d.  Mampu memenuhi pembelajaran  pengayaan bagi siswa yang tuntas belajar

4.      Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
a.          Mampu memenuhi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi,  berkomitmen tinggi, dan berbudaya mutu.
b.        Mampu memenuhi tenaga kependidikan yang  kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi.
c.         Mampu memenuhi peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan tuntutan jaman.

5.      Standar Sarana dan Prasarana.
a.         Mampu memenuhi kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang memadai.
b.        Mampu memenuhi pemanfaatan prasarana dan sarana sekolah dalam pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
c.         Mampu memenuhi pemanfaatan perpustakaan, labolatorium IPA , Labolatorium bahasa, labolatorium TIK dan media pembelajaran yang tersedia, sehingga dapat mendukung pembelajaran CTL.

6.      Standar Pengelolaan.
a.         Mampu memenuhi penerapan manajemen partisipatif dalam pengambilan keputusan sebagai implementasi MBS untuk mencapai standar pengelolaan.
b.        Mampu memenuhi  dokumen RKS dan RKAS yang akurat serta struktur organisasi yang lengkap.
c.         Mampu memenuhi administrasi sekolah yang lengkap.

7.      Standar Pembiayaan.
a.         Mampu memenuhi penggalangan dana untuk pembiayaan sekolah.
b.        Mampu memenuhi pembiayan semua kegiatan sekolah yang direncanakan dalam RKAS.
c.         Mampu memenuhi pengembangan kemampuan komite sekolah dalam penggalian peran serta masyarakat dan orang tua siswa.

8.      Standar Penilaian.
a.    Mampu memenuhi peningkatan kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap tahun.
b.    Mampu memenuhi pelaksanaan penilaian dan laporan hasil belajar kepada orang tua siswa.
c.    Mampu memenuhi pelaksanaan supervisi, monitoring, dan evaluasi kegiatan baik akademik maupun non akademik.

9.      Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah.
a.    Mampu memenuhi budaya sekolah 4 S (senyum, sapa, salam, salaman).
b.    Mampu memenuhi penataan lingkungan sekolah yang bersih, rapi, indah, nyaman, dan menawan.






C.     IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA 4  TAHUN
No
Standar Nasional Pendidikan
Kondisi Saat Ini
Kondisi Ideal (SNP)
Besarnya Tantangan
1
Standar Kompetensi Lulusan




a.       Rata-rata nilai UN
b.      Rata-rata KKM
c.       Prestasi Akademik
d.      Prestasi Non Akademik
5.4
75
-
Juara Kab
6.50
76
Juara Kab
Juara Prov
1,10

2 tingkat
1 tingkat
2
Standar isi




a.       Buku KTSP yang standar


b.      Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran
1 buku KTSP 25 indikator

14 org

1 buku KTSP 32 indikator

18 org

7 indikator


4 org

3
Standar Proses




a.       Kepemilikan sumber/bahan ajar
b.      Pelaksanan pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
1 : 4
14 org

1:1
18 org
3
4 org

4
Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan




a.       Pelatihan Guru
b.      Pelatihan tenaga kependidikan
10 org
1 org
14 org
4 org
4 org
3 org
5
Standar Sarana & Prasarana




a.       Media  pembelajaran
b.      Sarana dan prasarana lainnya
55%
60%
100%
100%
45%
40%
6
Standar Pengelolaan




a.       Dokumen RKS dan RKAS


b.      Dokumen Supervisi, monitoring dan pelaporan
2 buku standar

3 dokumen

2 buku standar

5 dokumen



2 Doumen
7
Standar Pembiayaan




a.       Sumber dana 
b.      Pengalokasian dana
3 sumber
9 SNP
5 sumber
9 SNP
2 sumber
-

8
Standar Penilaian Pendidikan




a.       Pengembangan Teknik dan variasi penilaian
b.    Pelaksanaan penilaian
2 teknik/
variasi
18 org
3 teknik/
variasi
18 org
1 teknik


9
Standar lingkungan sekolah




a.    Lingkungan yangbersih, indah dan kondusif
b.    Budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah
85%

85%

100%

100%
15%

15%

D.      PROGRAM STRATEGIS
1.      Pemenuhan standar kompetensi lulusan
Dengan program strategisnya :
a.       Peningkatan rata-rata nilai UN
b.      Peningkatan rata-rata KKM semua mata pelajaran
c.       Peningkatan prestasi akademik maupun non akademi
2.      Pemenuhan Standar isi
Dengan program strategisnya :
a.    Pengembangan KTSP yang standar
b.    Pengembangan RPP yang baik
3.      Pemenuhan Standar Proses
Dengan program strategisnya :
a.       Pemenuhan ketersediaan sumber/bahan ajar yang memadai
b.      Peningkatan pelaksanaan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan
4.      Pemenuhan Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan
Dengan program strategisnya :
a.       Peningkatan pelatihan guru
b.      Peningkatan pelatihan tenaga kependidikan
5.      Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana
Dengan program strategisnya :
a.         Pemenuhan mediapembelajaran
b.        Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
6.      Pemenuhan Standar Pengelolaan
Dengan program strategisnya :
a.       Pemenuhan dokumen RKS dan RKAS
b.      Peningkatan supervisi, monitoring dan pelaporan
7.      Pemenuhan Standar Pembiayaan
Dengan program strategisnya :
a.       Peningkatan Sumber dana 
b.      Pemenuhan Pengalokasian dana
8.      Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan
Dengan program strategisnya :
a.       Pengembangan Teknik dan variasi penilaian
b.      Pemenuhan Pelaksanaan dengan berbagai teknik dan variasi penilaian
9.      Pemenuhan Standarlingkungan sekolah
Dengan program strategisnya :
a.       Peningkatan lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
b.      Peningkatan budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah Sekolah mampu mewujudkan lingkungan yangbersih, indah dan kondusif

E.     STRATEGI PELAKSANAAN
1.      Dalam program peningkatan nilai UN strateginya adalah melakukan berbagai langkah antara lain pemantapan materi mapel UN, melaksanakan try out UN, menjalin kerjasama dengan komite dan atau bimbel tertentu
2.      Dalam program peningkatan KKM strateginya adalah memberdayakan seluruh potensi guru untuk meningkatkan KKM dengan melalui bedah materi, diskusi guru mapel, pemenuhan media pembelajaran, alat peraga untuk semua mata pelejaran.
3.      Dalam program peningkatan prestasi akademik dan non akademi adalah dengan bembimbingan secara intensif dan berkesinambungan oleh tenaga pendidik yang kompeten dan profesional.
4.      Dalam program pengembangan KTSP yang memenuhi standar strateginya adalah koordinasi dengan jejaring kurikuluum tingkat Kabupaten/Provinsi, komite dan steakholder lain dalam melaksnkan workshop, lokakarya, seminar, in house training dan lain-lainuntuk menghasilkan Kurikulum Tingkat Satuan Penidikan
5.      Melaksanakan kerjasama dengan MGMP tingkat Kabupaten/Sekolah  dalam penusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik
6.      Bekerjasama dengan pihak pengembang di tingkat kabupaten, provinsi komite dan steakholder untuk pemenuhan ketersediaan sumber/bahan ajar yang memadai
7.      Kerjasama dengan pihak pengembang di tingkat kabupaten, provinsi komite dan steakholder untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran aktif,  inovatif, kreatif dan menyenangkan
8.      Bekerjasama dengan pengawas atau narasumber yang lain untuk peningkatan profesionalisme Guru
9.      Bekerjasama dengan pengawas atau narasumber yang lain untuk peningkatan Peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan
10.  Bekerjasama dengan instansi terkait, komite sekolah dan steakholder yang lain guna memenuhimedia pembelajaran
11.  Bekerjasama dengan instansi terkait, komite sekolah dan steakholder yang lain guna memenuhi Sarana dan prassrana lainnya
12.  Pemberdayaan tim pengembang sekolah untuk  dapat menyusun dokumen RKS dan RKAS secara lengkap
13.  Memberdyakan guru-guru senior untuk merencanakan dan melaksnakn kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi
14.  Kerjasama dengan instansi terkait, komite sekolah dan steakholder guna memenuhi ketersedian Sumber dana 
15.  Memberdyakan dana untuk memenuhi seluruh standar nasional pendidikan
16.  Bekerjasama dengan pengawas atau narasumber yng lain untuk peningkatan pemahaman terhadap berbagai teknik dan variasi penilaian
17.  Bekerjasama dengan pengawas atau narasumber yng lain untuk peningkatan pelaksanaan terhadap berbagai variasi instrumen penilaian
18.  Pemberdayan seluruh steakholder sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
19.  Pemberdayan seluruh steakholder sekolah untuk mewujudkan budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah

F.      HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan tercapai atau terpenuhi dari program-program di ats antara lain :
1.      Terealisasinya peningkatan nilai rata-rata UN
2.      Terealisasinya peningktan nilai KKM
3.      Terealisasinya dokumen KTSP yang standar
4.      Terealisasinya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk semua mapel
5.      Terealisasinya sumber/bahan ajar yang memadai
6.      Terealisasinya pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan
7.      Terealisasinya peningkatan kompetensi dan profesionalismeguru
8.      Terealisasinya peningkatan kompetensi dan profesionalisme tenaga kependidikan
9.      Terealisasinya pemenuhan media pembelajaran
10.  Terealisasinya pemenuhan sarana dan prassrana lainnya
11.  Terealisasinya Pemenuhan dokumen RKS dan RKAS
12.  Terealisasinya peningkatan supervisi, monitoring dan pelaporan
13.  Terealisasinya peningkatan sumber dana 
14.  Terealisasinya pemenuhan pengalokasian dana
15.  Terealisasinya peningkatan  dan pemahaman tentang teknik dan variasi penilaian
16.  Terealisasinya peningkatan dan pemahaman tentang pelaksanaan penilaian
17.  Terealisasinya peningkatan lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
18.  Terealisasinya peningkatan budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah sekolah mampu mewujudkan lingkungan yangbersih, indah dan kondusif




Indikator keberhasilan dapat ditabulasikan sebagai berikut :
No
Standar Nasional Pendidikan
Tahun  13/14
Tahun 14/15
Tahun 15/16
Tahun 16/17
1
Standar Kompetensi Lulusan





a.       Rata-rata nilai UN
b.      Rata-rata KKM
c.       Prestasi akademik
d.      Prestasi non akademik
5.6
75
5.8
75
6.30
75
6.50
75
2
Standar isi





a.       Buku KTSP yang standar


b.      Renacana Pelaksanaan  Pembelajaran
1 buku KTSP 30 indikator

 14 org

1 buku KTSP 32 indikator

16 org
1 buku KTSP 32 indikator

17 org
1 buku KTSP 32 indikator

18 org
3
Standar Proses





c.       Kepemilikan sumber/bahan ajar
d.      Pelaksanan pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
1:2
14org

1:1
15 org

1:1
16 org

1:1
18 org

4
Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan





a.       Pelatihan Guru
b.      Pelatihan tenaga kependidikan
14 org
2 org
16 org
3 org
17 org
5 org
18 org
7 org
5
Standar Sarana & Prasarana





a.       Media  pembelajaran
b.      Sarana dan prasarana lainnya
80%
85%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
6
Standar Pengelolaan





a.       Dokumen RKS dan RKAS

b.      Supervisi, monitoring dan evaluasi
1buku standar
3 buku
1buku standar
3 buku
1buku standar
3 buku
1buku standar
3 buku
7
Standar Pembiayaan





a.       Sumber dana 
b.      Pengalokasian dana
3 smbr
8 SNP
4 smbr
9 SNP
4 smbr
9 SNP
4 smbr
9 SNP
8
Standar Penilaian Pendidikan





a.       Teknik dan variasi penilaian
b.      Pelaksanaan penilaian
4 variasi
14 org
5 variasi
15 org
5 variasi
17 org
5 variasi
18 org
9
Standar lingkungan sekolah





a.          Lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
b.          Budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah
90%

90%

100%

100%
100%

100%
100%

100%


Tidak ada komentar:

Posting Komentar